Monday, May 30, 2016

PAINTBALL GAMES SEBAGAI ALTERNATIF MEMBANGUN KARAKTER

Saat ini, kegiatan Paintball atau Paintball Manajemen Training semakin digemari oleh banyak kalangan, karena Paintball merupakan olahraga . Meski dalam bentuk aplikasi game­-game yang ringan, setiap game dalam kegiatan Paintball mengandung makna yang dalam, filosofis, dan sarat akan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan tim/kelompok.

Metode Paintball dipercaya bukan hanya merupakan sebuah tren dalam metode pelatihan, namun telah dikaji sebuah metode yang paling efektif dalam mengakomodasi / kebutuhan tuntutan terhadap hasil suatu pelatihan. Banyak pula yang menganggap, bahwa meyakini metode ini efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun perilaku. Itulah alasannya mangapa dalam quantum learning, metode ini menjadi metode andalan di dalam belajar dan terbukti berhasil. 

Banyak pakar psikologi dan pendidikan yang menyatakan bahwa Paintball sebagai sebuah metode pembelajaran sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan/tuntunan terhadap hasil pelatihan tersebut.

  • Mengapa “PAINTBALL” ? Pendekatan dengan aktifitas outdoor dapat mengakomodasi pembelajaran model orang dewasa yaitu belajar dari apa yang dialami (action), yang mana praktisasinya dihubungkan (Reflection) dengan permasalahan hidup sehari-hari. Pelatihan dengan media outdoor memberikan beberapa nilai tambah, metode ini terbukti efektif .dan di Jungle Paintball adalah tempat yang paling tepat karena didukung oleh instruktur yang berpengalaman.
  • Karena berbeda dengan pelatihan dalam ruangan (indoor) yang konvensional dan hanya menyentuh aspek kognisi saja. Ruang terbuka (Outdoor) merupakan media atau prasarana yang memberikan keleluasaan baik pada gerak fisik (psikomotorik), maupun emosi (afeksi) dan berpikir (kognisi) bagi pesertanya.
  • Olahraga dan hiburan yang sangat aman dan dengan stardarisasi peraturan keamanan internasional yang membuat paintball menjadi olahraga outdor yang sangat digemari.
  • Kerjasama team work yang dikemas dengan permainan peperangan yang memacu andreanalin dan menekanankan strategi dan komunikasi antar team.
  • Peralatan dan property yang fleksibel dan bisa di set-up sesuai kebutuhan customer Paintball
  • Skenario permainan yang bisa tentukan sendiri dan prosedur permainan yang aman dalam permainan ini yang menjadikan semua kalangan mulai dari dewasa sampai anak2x mampu menikmati permainan paintball ini dengan seru.

0 comments:

Post a Comment